Home » , » Inilah Bahaya Jika Anda Kurang Tidur

Inilah Bahaya Jika Anda Kurang Tidur

Tidur adalah mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita setelah seharian bekerja. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tidur tersebut. Salah satunya yaitu tubuh akan lebih segar ketika bangun. Sehingga kita dapat menghadapi hari-hari yang berat dengan penuh semangat. Rata-rata orang meluangkan 6 hingga 7 jam per hari untuk tidur. Namun banyak diantara kita yang mengabaikan jam tidur. Ini dikarenakan oleh berbagai faktor seperti mengerjakan tugas yang sudah menumpuk, ataupun kesibukan-kesibukan yang lain.


Banyak sekali akibat yang dapat ditimbulkan dari berkurangnya jam tidur yang anda miliki. Masalah pada berat badan, kurang bersemangat, jantung yang bermasalah dan tubuh yang rentan terkena berbagai penyakit merupakan dampak yang ditimbulkan dari kurangnya jam tidur anda.

Kurang tidur akan membuat anda gampang sakit baik secara fisik dan mental. dan berikut adalah hal hal yang bisa terjadi pada tubuh. Jika anda kurang tidur :

1. Sistem kekebalan tubuh menurun

Tidur menjadi salah satu cara bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jika anda kurang tidur maka pertahanan tubuh  menjadi tidak maksimal. Hasilnya anda jadi mudah terserang penyakit.

2. Menurunnya konsentrasi saat berpikir

Kurangnya tidur dapat menyebabkan konsentrasi menurun, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi ketika anda sedang belajar ataupun bekerja.

3. Sering lupa dan bingung

Saat anda kurang tidur, maka otak tidak mampu berkonsentrasi dengan baik, dan hasilnya anda menjadi mudah lupa dan bingung. Karena pelupa dan bingung adalah salah satu dampak buruk dari kurang tidur.

4. Kehilangan fokus saat berkendara

Bagi anda yang bekerja memakai mobil atau motor. Anda harus memiliki istirahat yang cukup dimalam hari. Jika anda kurang tidur di malam hari, maka dapat dipastikan fokus anda ketika menyetir akan menurun. Ini bisa membahayakan diri anda sendiri dan juga pengendara yang lain

5. Mengganggu kesehatan jantung

Kurang tidur mampu membuat kesehatan jantung anda terganggu. Sebab saat anda kurang tidur jantung tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang normal sehingga akan menyebabkan penyakit jantung.

9 komentar:

  1. Ternyata tidur juga harus di perhatikan mas ya.... Kalau saya mas lebih banyak melek ketimbang tidurnya maklum suka mblogger....he...he..

    ReplyDelete
  2. Dapet pertamax mas...nih..sukses selau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa jerigen dan biloang nama admin di spbu nya :) week

      Delete
  3. tidur berkualitas dibutuhkan tubuh setiap hari

    ReplyDelete
  4. Saya belakangan ini sering kurang tidur gara-gara insomnia
    efek'a juga sangat saya rasakan

    ReplyDelete
  5. wah, ini perlu saya waspadai mb, saya biasanya kalo malam tidur nya pun agak lama, siangnya ya ga bisa tidur sibuk dengan aktifitas, waduh gawat ini ya :(

    ReplyDelete
  6. saya sadai sekarang mb, saya gejalanya poin nomor 4 itu mb :(

    ReplyDelete
  7. Memang Banyak sekali Sebab seseorang jadi kurang waktu tidurnya dari setandar rata-rata yang di perlukan tubuh untuk mengembalikan kesegarannya dan begitu banyak akibat negatif yang bisa ditimbulkan karenanya dari gangguan kesehatan ringan hingga penyakit parah mematikan mengancam gitu ya

    ReplyDelete
  8. Ada satu lagi akibat kurang tidur yaitu darah tinggi. Menurut penelitian terbaru, orang yang susah tidur dan butuh 14 menit lebih agar bisa tidur, berisiko terkena tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

    ReplyDelete