Home » , » Ini Resiko Membeli Gorengan di Sembarang Tempat

Ini Resiko Membeli Gorengan di Sembarang Tempat

Siapa sih yang tidak pernah menyantap cemilan yang merakyat ini. Hampir semua orang pasti pernah makan yang namanya gorengan. Yup. Makanan ini memang sudah melekat di hati banyak masyarakat Indonesia, karena selain harganya yang tergolong murah gorengan juga memiliki rasa yang gurih dan enak.

Kantin, warung dan tempat tempat keramaian biasanya pasti banyak yang  menjual gorengan. Jadi, gorengan adalah salah satu makanan yang cukup populer.


Makan gorengan yang baru saja di tiriskan dalam keadaan panas dan di tengah dinginnya musim penghujan tentu sangat nikmat bukan? Tapi, apakah kalian tau bahaya dari makan gorengan apalagi gorengan yang di jual di sembarang tempat? Mungkin sebagian orang sudah tau dampak tersebut, tapi masih saja ingin menyantapnya, karena tergoda akan rasa gurih dan enaknya dan juga tanpa harus ribet membuatnya. 

Berikut bahaya bahaya Gorengan yang di jual di sembarang tempat :

  • Karena Minyak Jarang di Ganti

Ini salah satu penyebab gorengan tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain tidak mengetahui kualitas minyak goreng yang digunakan, terkadang para penjual camilan gorengan ini juga tidak pernah mengganti minyak goreng yang digunakan. Sehingga minyak goreng yang jarang di ganti akan sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • Plastik Kresek Hitam Sebagai  Pembungkus
Kantong plastik kresek hitam adalah hasil dari daur ulang plastik- plastik bekas. Selain karena tidak higienis kantong plastik kresek hitam bila digunakan untuk membungkus langsung makanan akan melepaskan bahan-bahan berbahaya kedalam makanan, yang akhirnya menimbulkan kanker dan gagal ginjal.
  • Bahan Pembuatan Gorengan
Salah satu yang harus anda khawatirkan adalah ketika membeli camilan gorengan adalah bahan baku pembuatannya. Kita harus berhati hati karena kadang ada penjual yang menggunakanan bahan pengawet kimia, dan bahan bahan berbahaya lainnya yang digunakan dalam pembuatan gorengan.
  • Tempatnya Kurang Higienis

Banyak pedagang gorengan berjualan di tempat tempat yang kurang higienis seperti di pinggir jalan, dan di dekat tempat kotor. Debu jalanan dan polusi udara sudah pasti akan menempel pada gorengan yang dijajakan di pinggir. serta lalat akan berkeliharan di sekitar gorengan jika di jualnya di tempat kotor. dan itu cukup berbahaya bagi kesehatan.

Tips yang paling tepat adalah dengan cara membuat gorengan sendiri di rumah.

6 komentar:

  1. Kalau nomor 1 sudah pasti banyak oknum berlaku gini, kalau no 2 saat ini sudah mulai banyak yang memakai warna putih, no 3 tidak tahu.

    Terakhir kita bisa lihat.

    Jadi was was jajan diluar.

    ReplyDelete
  2. Iya nih gan, kadang kalau beli ditempat tempat non terpercaya agak khawatir juga sih...

    ReplyDelete
  3. Soal pelastik hitam untuk membungkus makanan secara langsung apalagi jika makanan tersebut panas sangat berbahaya ya mas bagi tubuh ya walaupun itu jangka panjang tapi kalo di konsumsi setiap hari pasti penyakit akan datang dalam jangka pendek.

    ReplyDelete
  4. Selain itu, bahaya jajan gorengan lainnya adalah minyaknya. bila bahan bakuyang digoreng bukan dari bahan baku yang sejenis. Misalnya bekas menggoreng ikan, setelah itu dipakai untuk menggoreng telur, setelah itu untuk menggoreng ayam, setelah itu menggoreng tempe dan tahu, dan terakhir untuk menggoreng bakwan. Hal seperti ini menjadikan kandungan minyak menjadi bermacam-macam dan berbagai macam zat tercampur dalam minyak.

    ReplyDelete