Home » , , » Inilah Manfaat dari Tertawa yang Harus Anda Ketahui

Inilah Manfaat dari Tertawa yang Harus Anda Ketahui

Tertawa merupakan ekspresi kebahagiaan seseorang yang muncul secara spontan. Tertawa juga diidentikkan dengan rasa bahagia yang ada di dalam diri seseorang.  Seseorang akan mudah tertawa jika berkumpul bersama teman-teman dekat dan sahabat. Sering-seringlah tertawa, karena tertawa memiliki banyak manfaat, terutama buat kondisi psikis seseorang.


Bagi semua orang tertawa mungkin adalah cara mereka mengungkapkan kesenangan, kegembiraan dan kebahagiaan. Banyak sekali manfaat dari tertawa yang belum diketahui oleh banyak orang. Jika banyak orang tahu apa saja manfaat dari tertawa, tentu mereka akan memilih tertawa dibandingkan dengan cemberut, sebab cemberut bisa menimbulkan masalah baru bagi kehidupan.

Dan dibalik keunikan tersebut, tersimpan rahasia karena tertawa bisa dijadikan sebagai obat terbaik bagi kesehatan, kondisi psikis seseorang dan obat terbaik bagi hati.

Berikut ini manfaat dari tertawa yang harus anda ketahui :

1. Dapat mencegah timbulnya stres

Salah satu manfaat tertawa adalah dapat mencegah timbulnya stres. Hormon penyebab stres tidak akan menyerang orang yang perasaannya selalu gembira dengan tertawa. Hormon penyebab stres akan menurun saat anda tertawa.

2. Membuat perasaan jadi lebih baik & dapat menghilangkan kesedihan

Tertawa memang diidentik dengan kebahagiaan dan seseorang tertawa perasaannya akan jadi lebih baik. Ketika kita sedang dilanda stres dan suntuk, kemudian ada kejadian yang bisa membuat kita tertawa. Kita bisa tertawa dengan lepas dan bisa merasakan perasaan kita lebih baik. Dan jika sedang bersedih, tertawa adalah salah satu solusi untuk menghilangkan dan mengatasi rasa sedih.

3. Membuat sehat jantung

Saat tertawa, otot diafragma di dalam jantung juga ikut bergerak. Akibatnya adalah otot diafragma jantung yang ikut bergerak dan dapat membuat jantung lebih sehat.

4. Dapat membuat orang jadi awet muda

Sering tertawa dapat membuat menjadi lebih awet muda. Penyebabnya adalah saat tertawa, stress akan hilang. Orang dengan stress rendah bisa awet muda.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tertawa mampu menurunkan tekanan darah. Saat kita tertawa, pada awalnya tekanan darah akan meningkat lalu kemudian akan turun secara perlahan. Bernapas lebih dalam setelah tertawa ternyata mampu melebarkan pembuluh darah sehingga lebih banyak oksigen yang memasuki aliran darah.

7 komentar:

  1. oh tertawa itu ternyata juga bisa membuat jantung sehat toh mas.
    saya baru tau nih.makasih infonya

    ReplyDelete
  2. saya sih taunya buat hiburan untuk ngilangin stress mas

    ReplyDelete
  3. yang penting ketawa jangan berlebihan, ntar malah dikira,,,,,

    ReplyDelete
  4. Yang saya tau tentang manfaat tertawa yaitu Tertawa terbukti melancarkan peredaran darah dan meningkatkan aliran ke pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat melebarkan endotelium, jaringan yang menyusun lapisan darah dan membuat darah mengalir lebih baik.

    ReplyDelete