Home » , » Inilah Makanan yang Kaya Akan Kalsium Tinggi

Inilah Makanan yang Kaya Akan Kalsium Tinggi

Kalsium adalah salah satu mineral yang jumlahnya paling banyak dibutuhkan dalam tubuh manusia diantara mineral mineral lainnya. Kalsium memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia, termasuk membantu mempertahankan kepadatan tulang dan membuat saraf dapat berfungsi dengan baik.


Memakan makanan yang mengandung tinggi kalsium sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Orang dewasa juga membutuhkan setidaknya 1.000 miligram kalsium perhari, untuk memenuhi jumlah tersebut anda bisa mendapatkannya dari 3  gelas susu, tapi sayangnya susu tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena susu tinggi akan lemak. Oleh sebab itu anda membutuhkan sumber kalsium lain untuk melengkapi kebutuhan kalsium sehari-hari anda.

Sumber kalsium selain susu, Banyak makanan yang mengandung kalsium tinggi, dan berikut ini makanan yang mengandung tinggi kalsium selain susu :

1. Kacang Kedelai

Bagi yang tidak suka kacang-kacangan anda harus tahu, bahwa kacang kedelai mengandung kalsium yang cukup tinggi, jika satu cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampuri garam, maka akan menghasilkan 261 mg kalsium, susu kedelai juga memiliki kalsium yang tinggi.

2. Ikan Sarden

Kandungan kalsium ikan sarden 351 mg per 3/4 kaleng. Jika anda mengkonsumsi sarden juga bisa mendapatkan tambahan Vitamin B12 dan Vitamin D.

3. Yogurt

Yogurt diketahui memiliki 400 mg kalsium. Yogurt juga terkenal mengandung bakteri baik yang berfungsi meningkatkan kesehatan usus untuk mencegah sembelit.

4. Brokoli

Brokoli sayuran hijau yang mirip daun sawi. Brokoli salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga mengandung tinggi kalsium.

5. Buah Jeruk

Juruk jenis buah mengandung kalsium yang tidak sedikit, salah satu diantaranya adalah buah jeruk. Jeruk dengan berat 6 ons menyediakan 200 miligram kalsium, jumlah ini cukup banyak mengingat buah bukan sumber utama kalsium.

4 komentar:

  1. eh saya baru tau kalau brokoli itu merupakan salah satu makanan sumber kalsium lo mas.
    terimakasih infonya

    ReplyDelete
  2. dari ke-5 jenis sumber kalsium diatas cuman jeruk dan kedelai yg sering saya konsumsi mas

    ReplyDelete
  3. baru tau kalau buah jeruk banyak mengandung kalsium
    Hipnoterapi Semarang

    ReplyDelete